SYARAT AIR BERSIH DAN SEHAT YANG HARUS DIPAHAMI

Air merupakan salah satu faktor penting dalam kebutuhan manusia, salah satunya sebagai air minum. Air yang digunakan pun harus bebas dari penyakit dan bahan-bahan beracun yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Maka dari itu itu pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat melalui PDAM. Pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan air dengan syarat bersih dari Kementrian Kesehtan. Sehingga masyarakat sudah tidak khawatir lagi mencari air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Adapun syarat bersih dan sehat adalah sebagai berikut.

syarat air Bersih

1. Persyaratan Fisik
Air yang berkualitas harus memenuhi persyaratan fisik, diantaranya air terlihat jernih dan tidak terlihat keruh kekuning-kuningan atau semacamnya. Air terutama sebagai air minum sangatlah melihat persyaratan fisik ini. Karena apabila air terlihat keruh, berarti terdapat senyawa yang tidak baik dan dapat mengganggu kesehatan.

Syarat fisik yang kedua adalah ditinjau dari segi rasa. Air yang lolos syarat fisik haruslah memiliki rasa yang tawar. Karena air yang memiliki rasa pahit, asin, manis atau lainya kemungkinan tercampur senyawa yang tidak baik untuk kesehatan.

Syarat fisik yang lain adalah tidak berbau. Syarat bersih sebuah air adalah air tersebut tidak berbau saat dicium dari dekat maupun dari kejauhan. Namun apabila air beraroma tidak sedap saat dicium berarti terdapat senyawa-senyawa yang mengendap pada air tersebut.

2. Persyaratan Mikrobiologi
Persyaratan berdasarkan mikrobiologi adalah air tidak mengandung zat-zat yang dapat mengganggu kesehatan seperti disentri, tipus, kolera, dan bakteri pathogen penyebab penyakit.

3. Persyaratan Kimia
Syarat kimia yang harus dipenuhi pertama adalah terdapatnya kandungan pH atau derajat keasaman yang tidak lebih kurang ataupun lebih besar yang berakibat merubah senyawa dalam air menjadi zat beracun yang dapat mengganggu kesehatan.

Selain itu kandungan besi dalam air juga tidak boleh melebihi 0,1 mg/l. Jika kandungan besi dalam air terlalu tinggi maka warna air akan berubah menjadi kekuningan dan rasanya pun seperti ada logam besi dalam air.

Jika kesemua syarat di atas telah dipenuhi maka air tersebut layak dikonsumsi untuk diminum. Jangan lupa jika and ingin ketersediaan air tercukupi dalam jangka waktu yang lama maka jika melakukan pengelolaan air harus melakukan filter air secara benar tana merusak alam.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Perbedaan air RO dan air Mineral

8 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi saat Perut Kosong